Festival Qingming

Festival QingmingQingming, arti yang jelas dan terang, adalah hari berkabung orang mati. Jatuh pada awal April setiap tahun. Ini sesuai dengan timbulnya cuaca hangat, awal musim semi untuk membajak, dan acara keluarga.

Sebelum kita berbicara tentang Qingming, kita harus mengisahkan tentang satu hari lagi yaitu Hanshi, yang selalu datang satu hari sebelum Qingming.
Hanshi secara harafiah artinya makanan dingin. Dikisahkan bahwa pada abad ketujuh SM selama Periode Musim Semi dan Gugur, Adipati Xiao adalah penguasa negara Jin. Putra tertuanya, Shen Sheng seharusnya adalah pewaris tahta. 

Tapi Adipati Xiao punya rencana lain. Dia ingin anak selir favoritnya, Li Ji, untuk menggantikannya sebagai penguasa Jin. Bukan seorang ayah yang penuh kasih, Adipati Xiao membunuh Shen Sheng dan akan melakukan hal yang sama untuk putra keduanya, Chong'er, Tetapi Chong'er tahu dan melarikan diri.

Selama 19 tahun lamanya, Chong'er dan rombongan pejabat setia dan hambanya mengembara tidak memiliki rumah, namun tidak takut akan dingin dan kelaparan. Suatu hari, Chong 'er benar-benar kelaparan dan koma. Salah satu pengikutnya yang paling setia, Jie Zitui, mengiris daging betisnya sendiri dan menyajikannya pada tuannya, sehingga menyelamatkan nyawanya. Akhirnya tahun 636 SM, Chong'er berhasil mengambil takhta dan mengambil gelar Adipati Wen dari negara Jin.

Setelah menjadi penguasa negara, Chong'er memutuskan untuk memberikan hadiah kepada para pejabat yang tinggal dengan-Nya mengembara bertahun-tahun. Tapi dia lupa tentang Jie Zitui yang telah mengorbankan daging betisnya. Jie Zitui patah hati dan pergi. Kemudian Chong'er ingat pengorbanan Jie Zitui dan mengirim orang untuk mencarinya. Akhirnya mereka menemukannya. 

Chong'er mendatanginya secara
pribadi untuk meminta maaf dan memintanya kembali ke istana. Tapi Jie Zitui meninggalkan mereka dan pergi jauh ke pegunungan, sehingga tidak ada yang bisa menemukannya lagi. Seseorang menyarankan  Chong'er untuk membakar daerah tersebut untuk memaksa Jie Zitui keluar ketempat terbuka, di mana ia bisa berbicara untuk kembali pada kenyamanan hidup di kerajaan. Chong'er mengikuti saran ini dan membakar gunung tempat Jie Zitui yang diyakini tempatnya bersembunyi. Api berkobar selama tiga hari dan Jie Zitui ditemukan bersandar pada pohon besar, membawa ibu tua di punggungnya. Baik Jie Zitui dan ibunya sudah meninggal.

Chong'er sangat sedih dengan tragedi ini. Dia memerintahkan agar sebuah kuil dibangun untuk mengenang pengikut yang paling setia. Ia juga memerintahkan bahwa tidak mengizinkan ada api dinyalakan pada ulang tahun kematian Jie Zitui. Jadi orang-orang harus makan makanan dingin mereka pada hari itu, yaitu pada hari Hanshi. Selain itu, orang mulai mengunjungi makam Jie Zitui dan memberikan penghormatan untuk mengenangnya.

Pada Dinasti Qing sekitar 300 tahun yang lalu,  kegiatan Hanshi atau makan makanan yang dingin itu diganti dengan Qingming, yang sekarang menjadi waktu paling penting bagi orang-orang untuk mengenang dan mengunjungi makam leluhur yang mereka hormati.

Awalnya di Tiongkok kuno, Qingming itu tidak berarti satu-satunya waktu pengorbanan yang dibuat untuk nenek moyang. Bahkan upacara tersebut sangat sering diadakan, setiap dua minggu, di samping hari raya dan festival penting lainnya. Formalitas upacara ini pada umumnya sangat rumit dan mahal dalam hal waktu dan uang.


Dalam upaya untuk mengurangi beban ini, Kaisar Xuanzong dari Dinasti Tang dideklarasikan pada 732 AD yang akan melakukan penghormatan di makam-makam leluhur hanya pada hari Qingming. Ini adalah kebiasaan yang terus menerus sampai kini. Orang akan mengunjungi makam leluhur mereka di hari Qingming. Mereka akan membersihkan, mencabut rumput-rumput liar dan menyapu dedaunan pada makam orang tua dan leluhur mereka. 

Inilah sebabnya mengapa Qingming juga dikenal sebagai Hari Menyapu Makam. Stasiun kereta bawah tanah Beijing sangat padat pada saat Qingming orang-orang berduyun-duyun ke Babaoshan, pemakaman Beijing yang paling terkenal dan krematorium, untuk memberikan penghormatan kepada orang-orang yang mereka cintai yang telah meninggal.

Qingming bukan hanya hari peringatan, tetapi juga hari untuk merayakan datangnya musim semi, sering digunakan untuk pergi keluar untuk piknik. Dengan datangnya musim semi, dunia berganti pakaian menjadi berwarna hijau. Semua baru, bersih dan segar.

Qing ming juga menjadi topik favorit untuk lukisan. Zhang Zeduan dari Dinasti Song menghasilkan salah satu karya yang paling terkenal Seni Tiongkok kuno : Qingming Shanghetuor Hidup Bersama Sungai di Qingming.  Lukisan sutra ini sekarang dipamerkan di Imperial Palace Museum, Forbidden City, di Beijing. Hampir lima setengah meter panjang dan seperempat meter lebarnya, itu penuh dengan arti kehidupan: jalan sungai penuh dengan lalu lintas, Pameran di ladang-ladang petani, desa yang hidup, jalan-jalan kota yang bising dengan segala macam orang, pejabat, pedagang, prajurit, cendekiawan, buruh, laki-laki dan perempuan, muda dan tua.

Ada sekitar 550 orang dalam lukisan itu, serta puluhan jenis binatang, kereta dan sedan, jembatan dan perahu. Ini adalah catatan hidup dari perayaan dan hiruk-pikuk waktu khusus Qing Ming.
Musim semi, khususnya di Tiongkok Utara, adalah musim berangin, tepat untuk menerbangkan layangan. Tidaklah mengherankan kalau menerbangkan layang-layang sangat populer selama musim Qingming. Sejarah layang-layang di Tiongkok sangat menarik. Dikatakan bahwa layang-layang itu ditemukan oleh tukang kayu legendaris yang terkenal Lu Ban lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Layang-layang Tiongkok paling awal terbuat dari kayu dan disebut Mu Yuan. Mu berarti kayu dan Yuan berarti sejenis burung elang. Penemuan kertas tidak luput dari perhatian pembuatan layang-layang dan layang-layang segera disebut Zhi Yuan. Zhi berarti kertas, sehingga burung elang dengan kertas Zhi Yuan. Layang-layang itu tidak hanya digunakan untuk bersenang-senang. Mereka juga digunakan untuk tujuan militer.
Ada catatan sejarah menjelaskan ada layang-layang besar, beberapa cukup besar untuk seorang pria diterbangkan di udara untuk mengamati gerakan musuh. Sekitar 1.500 tahun yang lalu, Kaisar Wudi dikelilingi di Nanjing oleh tentara pemberontak. Dia menggunakan layang-layang untuk mengirimkan sebuah permintaan bantuan dari luar.

Selama Dinasti Tang, orang mulai memasang potongan bambu tipis untuk layang-layang. Ketika layang-layang tinggi di udara, angin akan membuat bagian ini bergetar, menghasilkan suara bernada rendah mendesing, sangat mirip dengan Zheng, instrumen dawai Tiongkok. Setelah itu, nama popular Tiongkok lainnya layang-layang Feng Zheng, yang berarti angin Zheng.

Dalam Dinasti Qing, orang-orang akan menerbangkan layang-layang mereka membiarkan setinggi mungkin, kemudian memutuskan benangnya untuk buang sial, melambangkan pelepasan dari nasib buruk/penyakit. Sebaliknya, untuk mengambil layang-layang yang hilang atau dilepaskan oleh orang lain bisa membawa sial.
 
Beberapa penggemar layang-layang menikmati main layangan di malam hari. Mereka menggantung lentera berwarna kecil di benang dengan lilin menyala di dalamnya. Dengan puluhan layang-layang bersama-sama, garis busur kerlip lampu warna-warni menghiasi langit malam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...